slide 1 slide 2

Commitech

PETUNJUK PELAKSANAAN

I. NAMA KEGIATAN dan TEMA
Competition of Communication and Information Technology (COMMITECH) dengan tema "Build Your Spirit of Competition and Test Your Information Technology Knowledge”

II. LATAR BELAKANG
Perkembangan zaman akan selalu diikuti dengan perkembangan teknologi. Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang sangat membutuhkan generasi-generasi yang unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, generasi-generasi di masa yang akan datang mempunyai Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan berdedikasi tinggi untuk bisa menunjang dan membawa Bangsa Indonesia ke arah yang lebih maju. Pelajar merupakan generasi muda bangsa yang memiliki peranan penting dan berpotensi dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Sejalan dengan hal tersebut, kegiatan-kegiatan ilmiah yang terarah selayaknya mendapatkan perhatian khusus sebagai wadah kreativitas dan pengembangan SDM. Sejalan dengan hal tersebut, kami HMPS-SI Universitas Stikubank Semarang turut berperan aktif melalui Kompetisi Komputer Tingkat SMA/SMK se-Jawa Tengah dalam upaya mengembangkan dan memasyarakatkan ilmu teknologi informasi dan komunikasi khusunya di kalangan pelajar SMA/SMK. Peningkatan kualitas SDM yang menguasai ilmu pengetahuan khususnya di bidang komputer sangat diperlukan guna mengantarkan Indonesia sebagai negara yang inovatif di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

III. DASAR KEGIATAN
a. Tri Dharma Perguruan Tinggi
b. Program Kerja HMPS-SI Unisbank
c. Promosi Kampus Universitas Stikubank, Fakultas Teknologi Informasi, dan Program Studi Sistem Informasi
d. Memasyarakatkan pengetahuan Teknologi Informasi dan Komunikasi ke lingkungan SMA/SMK/Sederajat

IV. TUJUAN DAN SASARAN KEGIATAN
TUJUAN :
a. Sebagai sarana untuk menguji kemampuan dan keterampilan siswa/siswi SMA/SMK tentang pengetahuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.
b. Menumbuhkan minat dan meningkatkan motivasi siswa/siswi SMA/SMK untuk mempelajari teknologi komputer dan teknologi informasi.
c. Menambah informasi yang berkaitan dengan pemanfaatan ilmu komputer dalam aplikasi di bidang teknologi informasi
d. Sebagai sarana untuk menjalin dan mempererat kebersamaan antar SMA/SMK se-Jawa Tengah dengan Universitas Stikubank Semarang.
e. Menumbuhkan sifat sportifitas dan solidaritas.

SASARAN :
Siswa-siswi SMA/SMK/Sederajat di Jawa Tengah

V. BENTUK KEGIATAN
Lomba cerdas cermat pengetahuan seputar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan materi perlombaan meliputi bidang Office (Word, Excel, Power Point), Sejarah Komputer, Pengetahuan Umum, Hardware, Software, Sistem Operasi, Networking, Web, Desain Grafis dan Kemampuan Mengetik 10 Jari.

VI. KETENTUAN PESERTA
a) Peserta merupakan siswa-siswi aktif kelas X,XI atau XII SMA/sederajat di wilayah Jawa Tengah.
b) Sekolah hanya dapat mengajukan delegasi maksimal 2 team.
c) Tiap team hanya terdiri dari 2 peserta.
d) Seorang peserta tidak diperkenankan terdaftar di team yang berbeda.
e) Tidak ada cadangan dalam team.
f) Setiap team didampingi oleh 1 orang guru pendamping.
g) Satu guru pendamping mewakili satu sekolah.
h) Peserta telah mengisi formulir pendaftaran dan pembayaran administrasi.
i) Peserta dan Guru pendamping wajib mengumpulkan persyaratan administrasi meliputi :
• Scan Foto 4x6 Peserta (2 orang) dan Guru Pendamping (1 orang)
• Scan Kartu Pelajar
• Scan Kartu Pegawai untuk pendamping (bila ada) atau dapat menggunakan Surat Keterangan Pegawai dari pihak sekolah.
j) Persyaratan administrasi tersebut dapat dimasukkan dalam satu folder dan dikirim ke si.unisbank@gmail.com paling lambat lima hari sebelum pelaksanaan lomba.
k) Guru Pendamping dan satu peserta wajib menghadiri Technical Meeting.
l) Peserta akan dianggap menyetujui segala keputusan yang dihasilkan pada saat Technical Meeting jika peserta berhalangan hadir dengan alasan apapun.
m) Pakaian peserta adalah seragam identitas sekolah masing-masing.
n) Ketentuan yang belum tercantum dalam tata tertib ini akan dibahas pada saat Technical Meeting.

VII. MEKANISME PENDAFTARAN
a) Pendaftaran dibuka hingga 8 November 2017
b) Pendaftaran secara online melalui link http://bit.ly/commitech2017
c) Biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000,- per team.
d) Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ke rekening panita COMMITECH Bank Mandiri – 1350013748841 a/n Norzam Yahya.
e) Setelah transfer harap mengirimkan bukti transfer dan konfirmasi ke CP panitia
Format : COMMITECH_Nama Ketua Team_Asal Sekolah_Kota
Contoh : COMMITECH_Ana Ani_SMK Maju Makmur_Salatiga

VIII. KETENTUAN LOMBA
Setiap team yang mengikuti Lomba Cerdas Cermat wajib mematuhi ketentuan pelaksanaan Lomba Cerdas Cermat sebagai berikut:
1. Tiap team wajib melakukan registrasi/daftar ulang sebelum perlombaan dimulai.
2. Peserta memasuki ruang yang telah ditentukan dan pada waktu yang telah ditentukan sesuai hasil Technical Meeting untuk persiapan acara perlombaan.
3. Peserta yang datang terlambat,sesuai tata tertib lomba hanya diberikan waktu sampai sisa waktu lomba selesai/habis dan kepadanya tidak ada penambahan waktu.
4. Peserta dilarang keras membawa maupun melihat catatan dalam bentuk apapun dan bertanya kepada tim lain ketika menjawab soal. Segala bentuk kecurangan tidak akan ditolelir oleh pihak panitia.
5. Peserta tidak boleh mengaktifkan dan menggunakan handphone maupun alat elektronik lain dalam bentuk apapun selama lomba berlangsung.
6. Peserta tidak diperkenankan untuk membuat keributan setelah menjawab soal dan atau mengganggu tim lain saat menjawab soal.
7. Peserta yang melanggar butir-butir peraturan diatas akan dinyatakan gugur.
8. Sistem penilaian mutlak berada di tangan dewan juri.

IX. MEKANISME LOMBA
Pelaksanaan Lomba terbagi atas 4 (empat) babak, yaitu sebagai berikut :
1) Babak Penyisihan
Pada babak penyisihan ini akan dilakukan seleksi melalui tes berbasis komputer. Tiap team akan diberikan username dan password untuk login ke sistem. Seluruh team akan diberikan 100 buah soal pilihan ganda yang harus diselesaikan dalam waktu 75 menit. Team yang sudah menyelesaikan soal sebelum waktu yang ditentukan habis dapat mengangkat tangan ke panitia pengawas. Hanya 25 tim terbaik yang akan lolos ke babak selanjutnya dengan berdasarkan jumlah nilai terbanyak ataupun kecepatan menyelesaikan soal apabila jumlah nilai sama.

2) Babak 25 Besar
• Sesi pertama : Setiap team akan diberikan sebuah Typing Test dan mereka bebas memilih siapa yang akan menyelesaikan tes tersebut. Peserta akan diberikan 3 menit untuk pengarahan dan pemanasan lalu 2 menit untuk mengerjakan tes tersebut. Jika waktu telah selesai, Panitia akan langsung melakukan penilaian berdasarkan hasil capaian peserta yang tampil di monitor masing-masing.
• Sesi kedua : Sama seperti pada babak penyisihan yaitu soal tes berbasis komputer, namun tiap team hanya akan diberikan 50 soal pilihan ganda dan 20 soal isian singkat dengan durasi waktu untuk menyelesaikan soal yaitu sebanyak 45 menit.
• Ketentuan Penilaian : Pada babak ini penilaian berdasarkan rata-rata nilai dari kedua sesi tes. Namun apabila terdapat kesamaan hasil rata-rata maka penilaian berdasarkan akumulasi kecepatan dalam menyelesaikan kedua sesi tes. Nantinya akan diambil 15 team untuk masuk ke babak berikutnya.

3) Babak Semi Final
Pada babak semi final ini, hanya menekankan pada kemampuan peserta dalam mengakses internet dengan materi bersifat umum. Ke-15 team akan mengerjakan soal-soal isian singkat sebanyak 30 buah dengan durasi waktu 30 menit. Soal bersifat bebas dan umum. Hanya diambil 5 team untuk masuk ke babak final berdasarkan jumlah nilai yang didapat atau berdasarkan kecepatan dalam menyelesaikan soal apabila ada nilai yang sama.

4) Babak Final
Tipe perlombaan adalah cerdas cermat dengan menggunakan bel. Ke-5 team akan mengambil nomor undian untuk menentukan posisi. Nantinya mereka akan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pembaca soal. Pertanyaan terbagi atas 3 sesi :
a) Sesi pertama
Pada sesi ini akan dibacakan sebanyak 20 soal, dimana masing-masing regu akan diberikan 4 buah soal yang wajib untuk dijawab. Tata cara pembacaan soal dibacakan satu persatu secara bergilir dari regu A, B, C, D sampai regu E sampai soal habis.
b) Sesi kedua
Pada sesi ini akan dibacakan 10 buah soal dan akan dijawab oleh peserta cerdas cermat secara cepat-cepatan dengan cara menekan tombol bel. Adapun ketentuan dalam sesi ini adalah :
Jika ada team yang menekan bel sebelum soal selesai dibacakan, maka pembacaan soal dihentikan dan team tersebut harus menjawabnya.
Jika team jawabannya salah maka pertanyaan yang sama akan dilemparkan ke team yang lain lewat kecepatan menekan bel.
c) Sesi ketiga
Pada sesi ini akan diberikan 20 buah soal yang akan dijawab dengan cepat tepat melalui mekanisme penekanan tombol, tetapi berbeda dengan babak cepat tepat pada sesi kedua, pada sesi ini tidak berlaku pelemparan soal apabila soal tersebut tidak berhasil dijawab. Namun pada tiap soal memiliki nilai yang berbeda-beda.
d) Kriteria Penilian
Penentuan juara I,II,III dan Harapan I maupun Harapan II ditentukan berdasarkan akumulasi nilai dari sesi pertama,kedua dan ketiga.

X. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Hari,Tanggal : Sabtu, 18 November 2017
Waktu : 08.00 WIB - selesai
Tempat : Kampus Mugas Unisbank
Jalan Tri Lomba Juang No 1 Semarang

XI. NARAHUBUNG
Informasi lebih lanjut tentang lomba dapat menghubungi :
1. Heny Ika tinokiki (0881-2411-251 /WA)
2. Edo Rizniko (0823-2091-0318/WA)
3. Gagah Arsyadana (0821-4535-3134/WA)